GARUDA DI DADAKU


       KISAH INDONESIA DI PIALA DUNIA



Kisah Indonesia di Piala Dunia
Tag : Kisah, Indonesia, Piala, Dunia
BERITA - sepakbola.infogue.com - --DI tengah lapangan hijau itu, Tan “Bing” Mo Heng berdiri gagah. Matanya menatap lurus ke depan, dan di kirinya berjajar rekannya satu tim. Dia, dan timnya, terlihat begitu khidmat. Tampak ada semangat siap meledak. Mo Heng, kiper asal Soerabajasche Voetbal Bond (SVB) itu, adalah salah satu pemain tim “Indonesia” di Piala Dunia 1938, di Prancis.

Sore itu, 5 Juni 1938,  Hindia Belanda akan melawan Hongaria. Sebelum pertandingan dibuka, Mo Heng dan rekan-rekannya berbaris di tengah lapangan itu, di bawah tatapan 10.000 penonton di Velodrome Municipal, Reims. Kota itu sekitar 129 kilometer dari Paris. Para wartawan dari 27 negara hadir di sana. Ini pertama sekali Asia melaju ke Piala Dunia.

Pada selembar foto, yang menjadi jendela kita melongok masa itu, Mo Heng tampak memegang boneka di tangan kirinya. Tak jelas benar apa jenis boneka itu. Sekilas mirip boneka Teletubbies dari film serial anak zaman kini. Kelak, kita mengerti boneka ini rupanya bagian dari suatu “ritual”.  Mo Heng menggantungnya di jala gawang sebagai jimat.

Simak cerita Mo Heng dan kawan-kawan bertarung melawan Hongaria di SOROT 88.


0 komentar:

Posting Komentar